Cara Memulai Investasi dengan Modal Kecil

 

 - Apakah ada investasi dengan modal kecil? Anda sekalian yang tertarik dengan jenis investasi semacam ini harus mengetahui informasinya. Memulainya dengan mencari informasi seputar hal tersebut untuk kemudian mempraktikkannya segera.

Tidak dapat dipungkiri bahwa berinvestasi menjadi jawaban atas berbagai persoalan terutama di bidang finansial atau keuangan. Setiap orang pasti membutuhkan nominal uang di zaman sekarang untuk memenuhi kebutuhannya hidup sehari-hari.

Namun demikian, tidak sedikit orang masih bingung cara mendapatkannya. Jika hanya dengan bekerja menjadi karyawan atau buruh saja, tentu belum mencukupi hasilnya. Begitu juga dengan berbisnis kecil-kecilan yang hasilnya masih tidak maksimal.

Mengenal Investasi dengan Modal Kecil dan Menguntungkan

Anda tentu sudah menabung uang di bank memang bagus sebagai cara penyimpanan yang aman. Akan tetapi, menabung saja belum cukup untuk mendapatkan hasil berlipat dari uang yang disimpan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan nilai uangnya menurun seiring perkembangan zaman dan kondisi inflasi.

Oleh karenanya, Anda sangat direkomendasikan untuk berinvestasi agar uang yang dimiliki semakin bertambah seiring perjalanan waktu. Ada begitu banyak investasi hadir atau ditawarkan oleh pihak tertentu. Tidak semua jenis investasi menguntungkan, aman, serta bisa memulainya dengan modal kecil.

Lalu, apa saja investasi dengan modal kecil pastinya terjamin aman sekaligus menguntungkan? Berikut uraian selengkapnya yang perlu Anda ketahui.

1. Emas atau Logam Mulia

Investasi pertama, yaitu jual beli emas atau logam mulia. Anda bisa mengetahui harga emas sekarang secara resmi dengan bertanya ke penjualnya langsung. Mungkin sekitar Rp 700 ribu – Rp 900 ribu untuk setiap 1 gram emas berkadar 24 karat.

Silahkan menyiapkan budget uang sesuai harga emas tersebut agar bisa membelinya. Harga emas yang cenderung naik dalam waktu tertentu pastinya cukup menguntungkan saat bisa menjualnya. Namun, Anda harus lebih jeli saat ingin menjualnya agar mendapatkan keuntungan berinvestasi.

Jika budget Anda masih pas-pasan, ada juga investasi emas online yang lebih murah. Bahkan, bisa berinvestasi di platform tersebut hanya dengan uang RP 10 ribu saja. akan tetapi, Anda harus membaca detail aturan main investasinya.

2. Saham

Investasi berikutnya yang direkomendasikan untuk Anda sekalian, yaitu saham. Sekarang, banyak perusahaan sekuritas yang menawarkan sahamnya dengan harga cukup terjangkau. Misalnya, per lembar saham hanya dijual Rp 2 ribu, tetapi ada batas minimal jumlah pembelian sahamnya.

Anda bisa mencobanya dengan menghubungi dulu perusahaan sekuritas atau pihak yang berkompeten untuk berinvestasi saham. Jangan lupa juga untuk lebih banyak belajar mengenai jenis investasi tersebut.

3. Reksadana

Reksadana juga merupakan salah satu investasi bermodal kecil, tetapi tetap menguntungkan bagi investornya. Uang yang Anda investasikan untuk reksa dana akan dimanfaatkan lagi oleh pihak bernama manajer investasi.

Setelah mengelola dananya, Anda sebagai investor bisa mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Mulai dari tiap tahun atau bahkan tiap bulan keuntungannya. Sementara itu, modal berinvestasi di platform ini bisa dimulai dari uang ratusan ribu rupiah atau masih di bawah Rp 1 juta.

4. Peer to Peer (P2P) Lending

Mungkin nama investasinya masih kurang populer di tengah masyarakat. Mirip dengan praktik reksa dana, tetapi Anda sebagai investornya mempunyai beberapa kebebasan. Misalnya, menentukan pihak yang dipinjamkan dana P2P beserta alasan uangnya untuk apa.

Sementara untuk uang sebagai modal untuk investasinya, Anda bisa memulainya di nominal Rp 100 ribu. Namun demikian, keuntungannya tentu tidak cepat didapatkan karena ada jangka waktunya tersendiri.

Beberapa jenis investasi diatas bisa Anda pelajari lebih lanjut secara otodidak. Pastinya investasi dengan modal kecil tersebut tetap menguntungkan. Selamat berinvestasi dan semoga beruntung.

Posting Komentar untuk "Cara Memulai Investasi dengan Modal Kecil"